Free Support 24/7

(021) 82431931

Cara Menulis Latar Belakang Untuk Skripsi

Cara Menulis Latar Belakang Untuk Skripsi

Bogor (13/4/23) – Pertama kali yang perlu di perhatikan dalam pembuatan skiripsi yaitu penulisan latar belakang. Yang menjadi permasalahan adalah banyak kesalahan dalam penulisan latar belakang skripsi. Latar belakang itu sendiri merupakan landasan dasar yang paling utama dalam memulai sebuah penulisan ilmiah. Kegunaan latar belakang pada dasarnya untuk menjelaskan alasan mengapa maslah yang diajukan dalam skripsi. Pada latar belakang berisi tentang argumentasi atas topik yang di angkat.

Memaparkan bukti, data, konsep, serta hubungan antara variabel terkait topik adalah dasar yang perlu dicermati dalam penulisan latar belakang untuk skripsi. Tetapi bagaimana cara agar latar belakang yang di tulis benar dan tidak revisi? Berikut cara menulis latar belakang untuk skripsi:

1.    Menjelaskan topik penelitian

Dalam penulisan skripsi untuk latar belakang pertama kali yang harus di perhatikan adalah menjelaskan topik penelitian. Menjelaskan topik penelitian secara detail dan jelas kunci utamanya. Pemilihan topik tentu harus di pertanggung jawabkan dengan penjelasan secara logis dan sistematis. Memaparkan alasan yang kuat dalam menjawab pilihan atas topik yang diangkat.

Variabel penelitian bisa di mulai untuk penjelasan topik penelitian. Seperti mengenai remaja masa kini harus memaparkan mengapa topik itu diangkat dan bagaimana alur pengerjaannya. Setelah itu, mengenai objek penelitian. Namun dalam topik yang telah disebutkan maka yang perlu di deskripsikan terkait objek adalah remaja-remaja sekitarnya.

 

2.    Menemukan kasus permasalahan

Latar belakang dirancang atas kasus yang terjadi di lapangan. Adanya pengangkatan kasus merupakan kunci utama dalam akar permasalahan. Kasus tertentu pasti ada di daerah sekitar dan bervariasi. Takaran keberhasilan penemuan kasus bisa terjadi dari berapa banyak informasi yang di angkat.

 

3.    Mengidentifikasi masalah

Setelah menyelesaikan kasus permasalahan, pastikan identifikasi permasalahan. Hindari objek yang tidak memiliki masalah. Jika telah bisa mengidentifikasi masalah, langkah berikutnya akan lebih mudah melakukan penelitian.

 

4.    Fokus pada satu permasalahan

Latar belakang kebanyakan di tulis gagal karena tidak fokus pada satu masalah. Dalam penulisan pastikan melakukan batasan masalah yang di fokuskan. Masalah yang di ambil pastikan bukan dilihat dari sisi menarik namun bisa dikerjakan selesai dan dipertanggung jawabkan.

 

5.    Melengkapi argumentasi dengan teori para ahli

Latar belakang yang dibuat harus di pastikan selalu diperkuat dengan teori para ahli walaupun argumentasi yang dimiliki sangat logis. Latar belakang yang mencantumkan banyak pendapat teori para ahli, sudah jelas dapat di percaya keasliannya. Oleh karena itu, latar belakang yang ditulis harus menjadi pakem utama untuk menentukan baik dan bagus tidaknya dalam skripsi.