Free Support 24/7

(021) 82431931

Cara Menulis Resume Dengan Mudah

Cara Menulis Resume Dengan Mudah

Bogor (4/4/23) – Resume memiliki dua pengertian yang berbeda. Mahasiswa akan familiar bahwa resume sebagai ringkasan pada buku atau sebuah materi. Sedangkan untuk orang yang sudah professional seperti bidang pekerjaan, resume dapat diartikan sebagai penjelasan singkat kemampuan seseorang untuk melamar pekerjaan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) resume adalah ikhtisar atau dengan kata lain rangkuman. Yang akan di bahas kali ini adalah resume materi atau buku.

Resume atau rangkuman buku adalah sebuah deskripsi singkat dari isi atau tema utama dalam sebuah buku. Dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara keseluruhan tentang isi buku, sehingga orang lain mudah memahami ide-ide utama tanpa harus membaca keseluruhan dari buku. Resume buku digunakan pada saat mempromosikan buku untuk orang lain atau sebagai referensi untuk membantu memahami isi pada buku. Resume merupakan cara efektif untuk menjelaskan inti pembahasan yang ingin disampaikan kepada orang lain terkait sebuat informasi. Berikut cara menulis resume dengan mudah:

1.    Terlebih dahulu membaca buku secara keseluruhan untuk menemukan ide pokok dari buku yang akan di resume.

2.    Pilihlah bagian penting dari isi buku yang ingin di sajikan di dalam resume.

3.    Tidak lupa tulis judul dan nama penulis buku yang akan kamu uat resume.

4.    Selanjutnya buat ringkasan singkat tentang tema utama buku. Bisa dalam bentuk paragraph atau beberapa kalimat yang menjelaskan secara menyeluruh tentang apa yang di bahas dalam buku tersebut.

5.    Masukan bagian terpenting dari buku yang telah kamu resume. Kamu bisa menggunakan kuipan atau menulis dengan gaya bahasa kamu sendiri.

6.    Jika dibutuhkan, tambahakan analisis atau komentar pribadi kamu tentang buku yang sedang kamu resume.

7.    Sebisa mungkin buat resume dengan menarik dan mudah dipahami dengan menggunakan bahasa yang tepat dan menghindari kesalahan gramatikal.

8.    Pastikan bahwa resume terstruktur dengan baik dan mudah dibaca.

9.    Jika menggunakan kutipan, pastikan kamu mencantumkan sumber kutipan tersebut dengan benar.

Resume pada buku terdiri atas informasi-informasi yang memuat:

·         Judul buku beserta nama penulis buku.

·         Rangkuman singkat tentang ide pokok dari buku.

·         Memasukan bagian-bagian penting dari buku setelah itu dimasukan kedalam resume yang akan kamu buat. Bisa menggunakan kutipan atau tulisan dengan bahasa sendiri.

·         Sertakan analisis atau komentar kamu tentang hasil resume yang kamu buat.

·         Masukan sumber yang digunakan jika menggunakan kutipan dari buku yang sedang di resume.

Resume pada buku memiliki dua jenis yaitu ringkasan abstrak dan ringkasan stricto sensu.

Ringkasan Abstrak

Ringkasan abstrak biasanya digunakan pada sebuaj karya tulis ilmiah. Ringkasan abstrak ditulis secara singkat dan padat serta informatif. Cara penulisannya pun menggunakan penulisan yang formal serta sesuai akan pemahaman penulis resume. Perencanan ringkasan abstrak adalah hanya dibolehkan mempersingkat teks karangan dari yang asli, namun tidak mengubah gaya bahasa, struktur dan sudut pandang dari penulis aslinya.

Ringkasan Stricto Sensu

Ringkasan stricto sensu biasa digunakan dalam mengambil pikiran utama dalam sebuah teks dan disusun ulang berdasarkan susunan kalimat sendiri. Dalam membuat resume stricto sensu biasanya penulis resume meninggalkan tulisan yang bersifat detail seperti tulisan yang berisi contoh, gambaran di dalam tulisan, serta detail yang spesifik pada resume. Walaupun menggunakan kalimat sendiri, urutan serta proporsi yang digunakan pada naskah asli tidak mencampurkan dalam pendapar pribadi. Ringkasan stricto sensu ini biasa digunakan dalam hal yang berhubungan dengan keperluan sekolah atau kampus.