Free Support 24/7

(021) 82431931

Agar Cepat Diterima Magang Bagaimana?

Agar Cepat Diterima Magang Bagaimana?

Bogor (29/3/23) – Dalam mengikuti program magang memilik banyak manfaat, salah satunya adalah kamu berkesempatan untuk belajar di dunia kerja, memperluas network, dan berpeluang menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan bahkan memberikan uang saku kepada orang magang di perusahaannya. Dengan adanya beberapa keuntungan dari magang, tidak jarang beberapa universitas mewajibkan program magang untuk para mahasiswanya dalam program kredit kuliah. Program magang atau job training dapat dilakukan pada pertengahan sampai akhir masa satu semester.

Sebelum kamu mendaftar magang di suatu perusahaan pastikan kamu sudah menyiapkan berkas-berkas apa saja yang harus di kirim atau dilamar ke perusahaan tersebut. Ketika mendaftar perlu diingat bahwa kamu akan diseleksi dan hanya beberapa yang terpilih dari banyaknya pendaftar yang melamar magang posisi yang kamu inginkan. Pastikan kamu menonjol serta memiliki kelebihan disbanding pendaftar magang yang lain. Berikut cara agar kamu di terima magang:

 

1.    Menyusun resume atau CV yang detail dan menarik

Resume atau CV adalah salah santu kunci di bagian paling penting untuk kamu siapkan sebelum mengirim lamaran magang. Pastikan CV yang kamu buat menjelaskan dengan ringkas tentang keahlian, pendidikan serta pengalaman di dalam pekerjaan yang pernah kamu lakukan. Jika baru pertama kali membuat CV, kamu bisa melihat contoh-contoh template CV atau resume yang ada di internet atau bisa melihat punya teman kamu yang sudah memiliki CV yang menarik dan detail. Dalam menulis CV harus di perhatikan dalam informasi tentang diri kamu sudah disampaikan dengan rinci:

·         Pencapaian kuantitatif kamu, semisal menggunakan skala angka yang terukur, dan nilai secara objektif

·         Menjelaskan pencapaian

·         Menjelaskan prestasi akademik maupun non akademik

·         Memaparkan keahlian dan skill yang dikuasai

·         Tulis CV dengan detail, jelas dan mudah dipahami

·          

2.    Membuat surat lamaran yang disukai perekrut

Hal yang paling penting dan tidak boleh tertinggal adalah surat lamaran. Untuk menulis surat lamaran, sampaikan segala maksud serta tujuan kamu untuk magang di perusahaan tersebut. Beda halnya dengan resume maupun CV, surat lamaran berfungsi sebagai meyakinkan dan memberi alasan mengapa kamu kuat sebagai kandidat dan yakin akan dipilih. Walaupun tidak semua perusahaan meminta surat lamaran tetapi akan menjadi nilai plus dari lamaran magang yang sedang kamu ajukan. Surat lamaran harus menunjukan keinginan untuk mendapatkan posisi tersebut.

 

3.    Menyiapkan portofolio lengkap dan mudah di akses

Jika ingin mendaftar magang di bidang kreatif seperti desain grafis, content writer, ataupun animasi, itu penting adanya portofolio. Portofolio tersebut akan menjadi penilaian dari keahlian yang kamu miliki.

Selain mengirimkan portofolio dalam bentuk file pdf ataupun bentuk dokumen lainnya, harus memiliki situs web yang dapat diakses portofolio kamu secara online. Selain akan mempermudah perekrut, kamu juga tidak akan kesulitan untuk memperbarui jika ada pekerjaan baru yang bisa kamu cantumkan dalam portofolio.

 

4.    Persiapkan interview dengan sebaik mungkin

Selain mempersiapkan diri untuk terjun di dunia pekerjaan, mempersiapkan mental untuk sukses melewati proses melamar magang hingga ke terima. Untuk itu pastikan kamu mempersiapkan wawancara atau interview dengan baik. Seringkali dalam proses interview dianggap sebagai proses yang melelahkan dan menguras pikiran. Namun jika dipersiapkan dengan baik maka interview bisa menjadi senjata kamu untuk mencuri hari dari perekrut yang sedang menyeleksi peserta magang.