Free Support 24/7

(021) 82431931

Tips Betah Selama Menjadi Mahasiswa Rantau

Tips Betah Selama Menjadi Mahasiswa Rantau

Bogor (15/3/23) – Maba atau Mahasiswa Baru adalah sebutan untuk mahasiswa yang baru menginjak di jenjang perkuliahan. Yang sering dijumpai ialah mahasiswa yang berasal dari berbagai macam daerah disebut sebagai mahasiswa rantau. Mahasiswa rantau mempunyai ciri khas yang menarik di dalam kelas maupun kampus. Berbagai perbedaan seperti logat bicara dan budaya antar mahasiswa asli daerah menjadikan mahasiswa rantau ini menarik serta unik.

Menjadi mahasiswa yang kuliah di luar kota memang banyak sekali cobaannya, terutama bagi kamu yang mahasiswa baru pasti akan merasa sangat berat dan membosankan. Dituntut untuk hidup mandiri dan jauh dari orang tua. Awal mula memang berat namun lambat laun akan merasa baik-baik saja dan hari-hari kamu sebagai mahasiswa sangat menyenangkan.

Mahasiswa rantau juga banyak manfaatnya. Tidak hanya menjadi mandiri, kamu bisa belajar mengurus serta mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Berikut akan menjelaskan seputar menjadi mahasiswa rantau, tips apa yang bisa dilakukan agar betah selama di daerah perantauan:

1.    Memiliki alasan yang kuat

Memiliki alasan yang kuat untuk merantau itu sangat penting pastinya. Menjadi mahasiswa rantau merupakan keputusan yang tidak mudah, di awal masa merantau akan berat meninggalkan keluarga serta kampung halaman. Merantau untuk kuliah maupun kerja akan jadi alasan kuat kenapa seseorang harus rela sampai meninggalkan keluarga dan kampung halaman. Sebelum merantau, sebaiknya kamu mencari tahu dahulu kota dan daerah yang akan kamu tuju dan diami selama beberapa tahun ke depan. Pastikan juga dimana kamu akan tinggal apakah akses transportasi umum dan tempat-tempat umum mudah di jangkau.

 

2.    Harus bisa beradaptasi

Beradaptasi yang cepat dengan lingkuan baru adalah kunci untuk bertahan hidup di daerah perantauan. Berbeda antara kampung halaman dengan daerah perantauan akan membuat kaget di awal datang. Kamu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, jangan samakan ketika kamu berada di lingkuan tempat asal tinggal kamu sebelumnya. Setiap daerah memiliki aturan masing-masing yang harus di patuhi. Berilak kesan baik kamu kepada orang-orang sekitar lingkungan tempat tinggal kamu di rantauan, agar mereka bisa mengenal kamu dengan baik, jadi jika kamu minta bantuan tidak susah.menjaga sikap dan tata karma juga di perlukan. Jangan samakan sikap kamu ketika di rumah dengan lingkungan baru kamu saat ini, jika kamu kurang sopan dan tidak menjaga tata karma orang yang berada di sekitar kamu akan segan dan memberi bantuan terhadap kamu ketika sedang mendapatkan masalah.

 

3.    Belajar hidup hemat

Menjadi keharusan jika berada di daerah perantauan untuk hidup berhemat. Sisihkan uang untuk tabungan adalah hal yang sangat perlu dan wajib kamu lakukan. Dengan meabung, kamu sudah siap dengan situasi dan kondisi yang akan kamu hadapi ke depannya. Intinya menjadi mahasiswa rantau harus mulai hidup secara hemat.

 

4.    Mencari temoat tinggal kostan yang dekat dari kampus

Carilah tempat kost yang lokasinya dekat atau tidak terlalu jauh dengan kampus. Jika dekat dengan kampus kamu bisa menghemat biaya transportasi dan menghindari macet. Carilah tempat kost yang menurut kamu nyaman untuk kamu tempati.

 

5.    Belanja kebutuhan bukan keinginan

menjadi mahasiswa rantau harus pintar-pintar dalam memilih antara kebutuhan dan keinginan. Jika kamu mendapatkan uang bulanan dari orang tua kamu, belanja keperluan sesuai kebutuhan kamu saja, jangan membeli barang-barang yang tidak terlalu kamu perlukan. Kamu juga harus bisa mengatur keuangan agar uang bulanan kamu cukup sampai satu bulan.

 

6.    Memasak sendiri dan membawa bekal

Memasak makanan sendiri akan jauh menhemat daripada kamu harus membeli di luar atau memesan makanan lewat aplikasi. Di beberapa kost sudah menyediakan dapur untuk di pakai bersama-sama oleh anak kost. Selain itu kamu juga bisa memasak bareng dengan teman-teman kost kamu. Di saat jam masuk kuliah, kamu bisa membawa bekal yang sudah kamu masak, jangan sampai lupa untuk membaw minum juga. Akan sangat membantu kamu dalam mengatur keuangan makan kamu selama berada di kampus.

 

7.    Mencuci pakaian sendiri

Mencuci pakaian sendiri lebih hemat ketimbang kamu harus laundry yang perkilonya bisa 7-8 ribu sekali cuci. Pengeluaran untuk laundry perbulan bisa kamu tabung untuk kebutuhan kamu lainnya. Mencuci pakaian sendiri tidak susah, kamu bisa kerjakan di waktu weekend atau saat kamu sedang senggang tidak ada mata kuliah atau tugas yang harus dikerjakan.