Free Support 24/7

(021) 82431931

Cara Melatih Otak Untuk Memperkuat Pikiran

Cara Melatih Otak Untuk Memperkuat Pikiran

Bogor (7/3/23) – Otak merupakan organ yang terllibat dalam segala hal yang kita lakukan tiap harinya. Seperti halnya bagian tubuh lain, otak perlu yang namanya dirawat. Ada berbagai cara untuk melatih otak yang bisa dikerjakan untuk meningkatkan daya ingat, fokus, serta fungsi sehari-hari. Dengan cara mengubah beberapa aktivitas sehari-hari dan menggabungkan berbagai penguat kemampuan mental, kamu dapat menjaga otak tetap sehat dan tajam untuk jangka waktu yang panjang. Berikut cara melatih otak untuk memperkuat pikiran:

1.   Berolahraga

Melatih otak yang direkomendasikan adalah aktivitas fisik seperti berolahraga. Menggerakan tubuh bisa membuat darah serta oksigen kamu mengalir ke otak. Dapat disimpulkan bahwa menggerakan tubuh dapat memperkuat sinapsis yang menghubungkan antarneuron dan membuat otak tetap sehat sepanjang waktu. Berjalan kaki merupakan rutinitas kardio yang berdampak rendah yang hampir semua orang dapat lakukan dengan kecepatannya masing-masing.

Berjalan kaki 30 menit saja dalam sehari dan dilakukan 3- 5 kali dalam seminggu sudah cukup untuk membuat pikiran tetap berenergi dan membantu mengurangi stres serta kecemasan. Untuk itu lakukanlah olahraga agar otak tetap sehat serta focus dalam melakukan kegiatan apapun.

2.    Kecepatan

Kamu dapat melatih otak dengan cepat untuk reaksi mental dan fisik yang lebih cepat. Seiring berjalannya waktu jika otak kamu tidak dilatih maka akan melambatnya daya otak dengan bertambahnya usia. Aktivitas fisik seperti bermain tenis, pingpong, atau permainan menangkap bola dapat mengkoordinasikan antara mata dan tangan dalam waktu bersamaan, serta menantang otak agar mengingat keterampilan dan teknik dalam keceptan bermain.

 

3.    Mendengarkan

Dengan bayak mendengarkan dengan telinga dan pikiran akan mempermudah untuk melatih ingatan kamu. Memperhatikan secara detail dan mencoba mengingat adalah bentuk pelatihan memori yang sangat baik yang dapat kamu lakukan sepanjang harinya. Seperti di saat kamu melakukan perjalanan dan cobalah untuk memperhatikan jalanan sekitar. Selanjutnya, cobalah di hari berikutnya untuk merekontruksi jalan di pikiran kamu atau lebih baik lagi.

 

4.    Makan bergizi dan sehat

Memakan makanan yang bergizi dan sehat akan sangat bagus untuk otak kamu dalam memperkuat pikiran dan daya ingat. Mungkin bukan berita baru jika pengingat yang baik nahwa memakan makanan yang bergizi dan sehat bermanfaat untuk tubuh. beberapa peneliti menemukan bahwa di dalam sayuran hijau dapat membantu menekan laju penurunan mental. Tidak hanya sayuran, lemak sehat seperti asam lemak omega 3 yang berada di ikan salmon dan makanan laut lainnya dianggap bermanfaat bagi otak.

Intinya kamu perlu menerapkan diet tinggi sayuran, lemak sehat serta karbohidrat sebagai upaya menjaga otak tetap sehat untuk disalurkan ke seluruh tubuh.

 

5.    Menulis dan membaca

Bermain sudoku ataupun teka-teki silang memang menyenangkan, namun belum tentu untuk melatik otak menjadi baik. Kamu bisa memahami cara bagaimana permainan itu bekerja dan pikiran kamu merasa kurang tertantang. Dengan menulis dan membaca akan melibatkan otak kamu dengan cara baru karena kamu sedang belajar atau menciptakan informasi baru. Carilah buku seperti nonfiksi, fiksi, biografi dan sebagainya yang menurut kamu cocok untuk di baca. Dengan alur cerita yang asik serta seru akan merangsang otak kamu ikut dalam cerita tersebut yang akan menimbulkan otak kamu dapat memperkuat pikiran.