Free Support 24/7

(021) 82431931

Cara Cek Turnitin Agar Terhindar Dari Plagiasi

Cara Cek Turnitin Agar Terhindar Dari Plagiasi

Bogor (2/3/23) – Kamu yang sedang menyelesaikan semester akhir (skripsi) sangat memerhatikan proses laporanmu. Dalam persyaratan kelulusan S1, kamu tidak boleh plagiasi dalam pelaporan yang telah kamu kerjakan. Ketika malas hingga enggan berpikir, banyak dari mahasiswa lebih memilih mengambil karangan di internet. Bahasa kekiniannya ialah copy paste atau copas. Ada pula membeli jasa penulisan esai tanpa memperhatikan keaslian dokumen yang sudah di tulis. Beberapa yang disebutkan hanya contoh dari plagiarisme yang biasa di jumpai di dunia perkuliahan.

Untuk menurunkan turnitin dalam dunia pendidikan tentunya diperlukan alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi plagiarism dalam suatu artikel. Cara menurunkan turnitin bisa kamu akses di www.turnitin.com. Turnitin sendiri adalah situs yang dibuat untuk memeriksa plagiarism pada suatu tulisan. Mahasiswa sering menggunakan turnitin untuk mengecek dokumen atau tulisan sebelum dikumpulkan kepada dosen, dan dosen juga menggunakan turnitin untuk mengecek keaslian tugas yang telah dikerjakan oleh mahasiswa.

Langkah-lagkah cara untuk cek plagiarisne di situs turnitin yang bisa kamu lakukan:

1.    Pertama yang harus kamu lakukan adalah kunjungi website turnitin di www.turnitin.com

2.    Setelah masuk di website turnitin, selanjutnya kamu bisa masuk dengan menggunakan akun turnitin kamu. Atau dengan akun pelajar.

3.    Setelah memasukan akun, kamu akan masuk di beranda turnitin.

4.    Untuk mengupload file, kamu bisa klik menu submit di bagian sebelah kanan.

5.    Setelah file diupload klik menu kirim, halaman tersebut akan otomatis beralih ke unggah file tunggal yang berisi ID dokumen. ID tersebut harus diisi dari nama depan sampai nama belakang kamu serta judul pengajuan. Di bawahnya terdapat pilihan dokumen mana yang akan kamu unggah melalui menu choose from this comp. dokumen bisa dari 3 media penyimpanan yaitu dari komputer, Google Drive atau Dropbox.

6.    File yang sudah dipilih, bisa klik menu Up, tunggulah beberapa saat, dan file akan berhasil diupload.

7.    File yang sudah berhasil diupload, klik menu Confirm lalu kembali ke menu Assignment List.

8.    Tunggulah beberapa saat lalu cek kembali sampai muncul persentase.

9.    Setelah file pemeriksaan selesai, kamu bisa melihat hasil dengan klik menu View. Pada tampilan view, kamu bisa melihat bagian apa saja yang terindikasi plagiarisme. Jika terjadi kesamaan kata, kalimat, sumber hasil lainnya. Jika memiliki kesamaan yang telah disebutkan, segeralah revisi. Gantilah dengan kalimat baru atau rubah struktur pada kalimatnya.

Untuk menggunakan aplikasi turnitin, kamu bisa menggunakan browser yang terpasang pada komputer kamu.