Free Support 24/7

(021) 82431931

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Jurusan Manajemen?

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan Jurusan Manajemen?

Bogor (22/2/23) – Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati, jurusan manajemen masuk ke dalam Fakultas Ekonomi. Jika kamu lulus jurusan manajemen akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi. Jurusan manajemen sudah sangat familiar, ada baiknya kamu mengenal dan memahami jurusan manajemen secara mendalam. Hal ini agar kamu bisa melihat kekurangan dan kelebihandari jurusan ini.

Jika kamu telah mendapatkan informasi-informasi tentang jurusan manajemen tentu dalam menjalankan kuliah akan terasa nyaman dan sesuai dengan harapan cita-cita yang telah kamu bangun.

Sebelum mengetahui kekurangan dan kelebihan dari jurusan manajemen, baiknya kamu tahu apa itu manajemen secara luas. Ilmu manajemen adalah salah satu ilmu yang paling awal dan tua yang pernah dipelajari. Manajemn sudah ada sejak awal kehidupan manusia. Seperti contonya manusia sudah menerapkan ilmu manajemen pada perencanaan dan pengelolaan sumber daya alam agar mencapai tujuan tertentu yang berkaitan dengan kebutuhan diri sendiri atau kelompok. Dalam jurusan manajemen terdapat beberapa pilihan kategori berbeda di dalam jurusan tersebut seperti:

1.    Manajemen SDM

2.    Manajemen Operasi

3.    Manajemen Keuangan

4.    Manajemen Pemasaran

5.    Manajemen Strategi

Tidak hanya pembagian berdasarkan kategori yang telah disebutkan diatas, kamu juga harus mengetahui kekurangan serta kelebihan yang ada dalam jurusan manajemen ini.

 

Kelebihan Jurusan Manajemen

1.    Peluang karier luas dan banyak

Jurusan manajemen memiliki banyak lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan profit ataupun non prosit. Perusahan tersebut akan membutuhkan orang manajemen untuk menduduki posisi di perusahaan tersebut. Pasalnya dengan ilmu manajemen, maka setiap organisasi atau perusahaan akan dapat terkelola dengan lebih baik.

 

2.    Materi pembelajaran yang mudah diperoleh

Dengan mudah diperoleh materi manajemen, tentunya peminat dari jurusan ini cukup banyak sehingga mudah untuk dilakukan diskusi materi. Sumber informasi ilmu manajemen tentunya tersebar dengan cukup luas, seperti melalui buku, internet hingga kehidupan kamu pun menggunakan proses manajemen.

 

3.    Beradaptasi dengan cepat dan mudah

Pasalnya ketika memilih jurusan manajemen kamu bisa melakukan adaptasi dengan lebih mudah. Pada proses adaptasi untuk jurusan ini terbilang singkat, bahkan pada awal masa perkuliahan, kamu juga akan diperkenalkan dengan beragam dasar-dasar ilmu manajemen sebelum masuk pada bagian special atau khusus yang dimilikinya. Pada awal semester materi yang dipelajari masih bersifat umum, namun beranjak lebih tinggi maka manajemen yang dipelajari lebih spesifik.

Kekurangan Jurusan Manajemen

1.    Peminat yang banyak

Dengan terlalu banyaknya peminat jurusan manajemen ini sangat banyak sehingga terkadang seperti jurusan yang pasaran bagi tiap orang. Orang yang lulus dari jurusan ini tidak memiliki kelebihan atau spesifiasi di bandingkan orang yang sama, karena output  dari jursan ini hampir sama rata. Jika kamu mau belajar, maka kemampuan kamu bisa meningkat dan memiliki nilai lebih dibandingkan orang lain. Namun lowongan kerja untuk jurusan ini cukup banyak dna tidak pernah sepi. Sehingga saingan kamu akan banyak pula jika melamar pekerjaan di jurusan manajemen.

 

2.    Tidak cocok untuk yang mau menjadi karyawan

Jika ilmu manajemen tidak dipelajari dengan benar, maka pada praktik manajemen tidak dapat berjalan secara maksimal. Secara singkat manajemen adalah bagaimana anda mengatur sumberdaya yang ada supaya tercapai tujuannya. Sehingga sumber daya ini tidak akan bekerja jika anda hanya seorang karyawan yang mengelola diri sendiri. Manajemen tidak sesuai jika kamu seorang karyawan atau self employed, karena ilmunya tidak bisa di praktekkan dengan tepat. Dan tidak berlaku jika kamu adalah karyawan yang berprofesi sebagai pengajar, analisi dan semacamnya.

 

Dengan adanya penjelasan jurusan manajemen ini, semoga bermanfaat bagi kamu dan menambah pengetahuan kamu untuk mengenal lebih jauh tentang jurusan manajemen.