Free Support 24/7

(021) 82431931

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Bosan Menjalani Perkuliahan

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Bosan Menjalani Perkuliahan

Bogor (15/2/23) – Bosan mungkin pernah dirasakan oleh setiap manusia. Bosan adalah tidak semangat dan tida merasakan bahagia saat menjalani aktivitas. Bosan juga sering dirasakan kepada mahasiswa saat menjalani perkuliahan.

Permasalahan yang sering terjadi yaitu terlalu monoton dalam melakukan kegiatan seperti tugas menumpuk, pembahasan materi oleh dosen, pertemanan perkuliahan dan masih banyak lainnya. Rasa bosan tersebut wajar di alami. Namun kamu tidak sendiri ketika berada di posisi tersebut. Ada banyak mahasiswa pun merasakannya. Kamu bisa saja merasa salah memilih kampus atau jurusan.

Berikut hal yang harus dilakukan ketika kamu merasa bosan menjalani perkuliahan:

1.    Cari tahu penyebab rasa bosan

Pertama yang harus kamu cari tahu adalah penyebab rasa bosan yang kamu alami apa ketika kuliah. Mungkin terkesan mudah diucapkan tetapi sulit dilakukan. Setip orang memiliki alasan dan faktor yang menyebabkan rasa bosan itu muncul. Tetapi, kamu akan bisa menemukan penyebab kebosanan itu semisal lingkungan kuliah, teman kuliah, atau tempat tinggal.

Ketika kamu telah menemukan penyebabnya, kamu bisa mencari tahu bagaimana cara memperbaikinya. Bisa kamu prioritaskan perubahan yang ingin dijalani sebelum kebosanan semakin bertambah.

 

2.    Bicarakan dengan pihak terkait

Ketika kamu menetapkan sesuatu yang ingin diubah, kamu bisa menghubungi kawan atau pihak yang dapat membantu kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Seperti ketika kamu bosan dengan lingkuan tempat tinggal atau kos kamu, bisa kamu konsultasikan dengan pemiliki kosan. Kamu bisa meminta untuk pindah kamar atau bahkan mengajukan keluar dari kosan.

Pilihlah orang yang tepat untuk bisa menyelesaikan permasalahan bosan kamu agar tidak bosan kembali.

 

3.    Bertahan dan jalani

Merasa bosan dan menunggu untuk terlepas dari kebosanan rasanya akan sangat sulit dijalani. Namun, kamu juga perlu untuk bertahan untuk melihat situasi dan kondisi yang bisa membaik. Mungkin bosan yang kamu rasakan hanya sesaat saja. Seperti kamu kurang suka dengan mata kuliah yang sedang dijelaskan dosen. Tetapi ternyata ketika pergantian materi kamu bisa dan menikmati penjelasan dosen tersebut yang sedang menjelaskan materi.

Cobalah bertahan dan jalani terlebih dahulu mungkin kamu hanya bosan sesaat.

 

4.    Pertimbangkan dan putuskan

Hal keempat yang bisa dilakukan yaitu bisa pertimbangkan antara kecocokan kamu dan dunia perkuliahan. Bisa jadi kamu belum siap dan butuh adaptasi yang tidak sebentar. Bila tidak cocok dengan jurusan atau kampus, kamu bisa pilih kampus dan jurusan. Rencanakan dengan matang tentang pilihan pindah kampus atau pun jurusan.

 

5.    Pindah jurusan atau kampus

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan ketika bosan saat menjalani perkuliahan yaitu bisa dengan pindah jurusan. Hal yang perlu diingat adalah berubah pikiran karena menyadari ada sesuatu yang tidak tepat untuk kamu. Pindah kampus atau jurusan rasanya sangat berat tetapi sebenarnya tidak. Banyak mahasiswa yang merasa lebih baik setelah memutuskan pindah kuliah atau jurusan.

Keputusan apapun yang kamu ambil, tentu itulah yang terbaik. Dalam jangka panjang, rasa senang setelah mengambil keputusan untuk berubah lebih baik akan kamu rasakan.