Free Support 24/7

(021) 82431931

Cara Membagi Waktu Antara Kuliah Dengan Berorganisasi

Cara Membagi Waktu Antara Kuliah Dengan Berorganisasi

Bogor (3/2/23) – Bagi kamu yang kuliah sambil mengikut organisasi, kamu hebat karena tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Mengikuti kuliah serta berorganisasi kamu bisa dikatakan menjadi mahasiswa berkualitas. Namun kamu juga harus pandai-pandai dalam membagi waktu antara kewajiban utama kamu menjadi mahasiswa, yaitu mengikuti perkuliahan sebagaimana mestinya yang telah ditetapkan oleh kampus.

Umumnya dalam berorganisasi di kampus itu dilakukan setelah kelas atau perkuliahan telah selesai. Rentang waktu berlangsung dari siang hingga malam hari. Kembali lagi sesuaikan dengan jam perkuliahan kamu, karena prioritas utama mahasiswa yaitu kuliah dan mendapatkan ilmu. Kamu bisa mengikuti satu atau lebih kegiatan yang berada di kampus. Namun kamu harus pinta membagi waktu. Berikut cara membagi waktu antara kuliah dengan berorganisasi:

1.    Membuat jadwal

Buatlah jadwal terlebih dahulu sebelum kamu membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Hal ini sangat penting dilakukan demi jam kuliah kamu tidak terganggu dengan kegiatan organisasi. Buatlah jadwal tersebut di buku agenda, sticky note ataupun catatan di hp kamu.

 

2.    Membuat to-do list

To-do list merupakan skala terkecil dari jadwal yang kamu buat. To do-list yang deadline-nya terdekat atau kegiatan yang dilakukan dalam satu minggu apa saja. Kegiatan yang sudah dilakukan akan diberi ceklis karena telah diselesaikan. Dengan kamu membuat to-do list tersebut akan mempermudah kamu dalam membagi waktu.

 

3.    Skala prioritas

Membagi waktu yang paling penting dan utama adalah kamu harus menentukan skala prioritas. Kamu bisa menunda kegiatan yang tidak terlalu penting dilakukan di hari itu dan tidak terlalu mendesak. Ingatlah prioritas utama kamu adalah kuliah untuk memperoleh ilmu.

 

4.    Kerjakan di awal

Baiknya mengerjakan pekerjaan tidak menunda-nunda. Seperti, langsung mengerjakan tugas kuliah setelah mata kuliah dari dosen telah selesai. Jangan membiasakan menunda pekerjaan karena akan waktu yang kamu gunakan untuk kegiatan lain malah harus menyelesaikan tugas yang belum dikerjakan.

 

5.    Disiplin

Mulailah hari ini dengan kamu membuat jadwal dan terapkan sesuai dengan kegiatan yang sudah kamu cantumkan. Dengan kamu menerapkannya lambat laun kamu akan disiplin dengan sendirinya dan terbiasa dengan hidup disiplin.