Free Support 24/7

(021) 82431931

Apa perbedaan otak kanan dan otak kiri?

Apa perbedaan otak kanan dan otak kiri?

Bogor (8/2/23) – Salah satu organ terpenting di dalam tubuh manusia adalah otak. Otak memiliki dua sisi bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan. Taukah kamu tiap sisi memliki peran dan fungsinya masing-masing. Yang dapat mengendalikan tubuh manusia. Otak kiri maupun otak kanan memiliki peran penting untuk mengatur seluruh fungsi tubuh untuk menjalani aktivitas setiap hari.

Otak manusia setiap bagiannya bertanggung jawab dalam berpikir dan memiliki kemampuan khususnya masing-masing. Seorang eksperimen menunjukkan bahwa dua sisi otak yang berbeda dapat memyebabkan perilaku berbeda pula. Sisi otak kiri lebih dipergunakan dalam proses berpikir analitis, verbal dan selaras. Sedangkan otak kanan dipergunakan dalam proses berpikir secara visual, kreatif, dan intuitif. Otak memiliki 100 miliar neuron atau disebut sel otak yang beratnya 1.3 kg.

Otak merupakan organ yang yang paling banyak membutuhkan energi. Walaupun beratnya hanya 2% dari berat badan total seorang manusia, namun otak menggunakan 20% dari energi tubuh. Pada bagian sisi otak kiri dan otak kanan dihubungkan dengan saraf-saraf yang jumlahnya besar. Otak yang sehat maka berpengaruh dalam berkomunikasi antara satu dengan lain orang. Ketika seseorang mengalami cidera yang dipisahkan belahan pada otaknya, tetapi mereka masih dapat berfungsi secara relative normal.

Mitos menyatakan bahwa setiap orang memiliki sisi otak yang dominan serta menentukan kepribadian, pikiran serta perilakunya. Jika otak kamu dominan pada sisi kiri maka kamu akan analitis dan metodis dalam berpikir. Namun jika kamu dominan pada sisi kanan maka lebih kreatif, artiktif, dan intuitif. Pada tahun 1960 Roger W. Sperry ialah orang yang menemukan fakta tersebut dan dianugrahi nobel.

Lalu apa yang fungsi antara otak kanan dan otak kiri?

Otak Kiri

Orang yang sering menggunakan otak kirinya lebih dominan berpikir logis, analitis serta teratur. Orang yang bekerja dengan otak kiri akan kerap diasosiasikan dengan orang-orang yang berkarier di bidang matematika, akuntan, ilmuan, atau pemrograman komputer. Tugas otak kiri yaitui:

·         Pemahanan secara Bahasa

·         Logika di utamakan

·         Berpikir secara kritis

·         Menganalisis angka

·         Pemikiran mendalam

Otak Kanan

Orang yang sering menggunakan otak kanannya akan lebih emosional, intuitif serta kreatif. Orang yang bekerja dengan menggunakan otak kanan akan kerap ekspresif dan berpikiran bebas. Seperti psikolog, penulis dan seniman. Tugas otak kiri yaitu:

·         Dapat mengekspresikan emosi

·         Mudah mengenali wajah

·         Membaca emosi

·         Lebih suka seni

·         Menggunakan imajinasi

·         Kreatif

Jadi kamu lebih dominan otak kanan atau otak kiri?