Free Support 24/7

(021) 82431931

Tips Mengerjakan Skripsi Untuk Mahasiswa Akhir

Tips Mengerjakan Skripsi Untuk Mahasiswa Akhir

Di masa kuliah itu tidak terasa walau hitungannya berkuliah selama 4 tahun. Masa kuliah adalah masa dimana berbeda dengan ketika menjadi pelajar di waktu sekolah. Di masa kuliah sebagai mahasiswa kamu mulai untuk belajar hidup mandiri, berpikir kritis, soft skill, semakin terlatih dengan keberlangsungan selama di kampus. Di semester akhir kamu harus menyelesaikan skripsi sebagai tanda kamu telah menyelesaikan pendidikan kamu selama 4 tahun dan di nyatakan lulus. 

Skripsi menjadi satu hal yang butuh energi secara pikiran dan tenaga bagi kalangan mahasiswa. Sebenarna di dalam mengerjakan skripsi tidak perlu kamu takutkan. Asal kamu mengerjakan dengan pikiran tenang disertai dengan rajin bimbingan ke dosen pembimbing, skripsi kamu akan selesai dengan tepat waktu. Berikut tips untuk mengerjakan skripsi:

1. Tema 

Sebelum memulai skripsi kamu pastikan bahwa kamu sudah memiliki tema untuk bahan skripsi kamu. Bagaimana cara mencari tema? Carilah tema yang kamu sukai dan kamu mampu untuk mengerjakannya.

Topik yang kamu pilih pun harus sesuaikan dengan jurusan yang kamu jalankan tentunya. Lihat dari berbagai sudut pandang, apa yang kira-kira bisa dikaitkan dengan tema yang kamu gunakan. Siapkan topik sebagai backup setidaknya 5 jika topik yang kamu ajukan ditolok atau tidak di ACC.


2. Ketersediaan data

Data adalah kunci dari isi skripsi kamu. Penelitian kamu akan di tolak atau tidak valid jika kamu tidak menyajikan data di dalamnya. Oleh sebab itu kamu harus memastikan bahwa data yang dibutuhkan tersedia untuk kamu gunakan di dalam mengerjakan skripsi.


3. Persyaratan

Bacalah persyaratan panduan atau pedoman dalam menyusun skripsi. Patuhi persyaratan yang ada di pedoman panduan dalam menyusun skripsi. Seperti terpenuhinya jumlah KRS, absensi di setiap mata kuliah, dan masih banyak lagi. Jika kamu kurang paham isi dari pedoman tersebut bertanyalahh kepada jurusan.


4. Planning tersusun 

Jika topik dan tema sudah ACC, setelah itu buatlah planning untuk tahap membuat skripsi selanjutnya. Planning yang diperlukan apa saja? Siapkan rumusan masalah penelitian kamu. Dengan kamu sudah planning semuanya, dalam kamu membuat skripsi pun akan lancar dan mudah.


5. Bimbingan

Hal yang wajib dalam membuat skripsi adalah ketika bimbingan dengan dosen pembimbing. Salah satu penentu lancarnya skripsimu yaitu rajin dalam bimbingan dan minta masukan untuk penulisan skripsi kamu. Kenali dan amati dosen pembimbing kamu dengan baik agar bisa menyesuaikan diri dalam bimbingan.


6. Grup Diskusi

Buatlah grup diskusi dengan teman seperjuangan kamu, jika dalam penulisan skripsi tersebut topiknya mirip dengan kamu. Ini akan sangat membantu kamu dalam bertukar pikiran, sumber data dan sudut pandang berbeda dan baru yang bisa saling melengkapi.


7. Waktu dan tempat

Waktu dan tempat juga berpengaruh dalam lancarnya pembuatan skripsi kamu. Carilah waktu dan tempat untuk mengerjakan skripsi nyaman dan kondusif. Beberapa tempat seperti perpustakaan, kafe, taman bisa menjadi tempat untuk mengerjakan skripsi tidak hanya dirumah saja.


8. Teguh dan rajin

Sepanjang pembuatan skripsi, dibutuhkan keteguhan, kesabaran serta rajin. Kamu tidak boleh ragu dan insecure dalam menjalankan pembuatan skripsi kamu. Untuk itu, kamu kamu harus percaya diri bahwa skripsi yang kamu buat itu sudah layak. Percaya jika kamu mampu menuntaskan skripsi kamu. Jika kamu percaya diri ketika kamu sidang pun akan lancar dengan sendirinya mengikuti alur pembawaan diri kamu.


Jadi tidak ada yang tidak mungkin jika dilakukan dengan usaha dan tekad yang kuat. Semangat untuk pejuang skripsi!!!