Free Support 24/7

(021) 82431931

Apa Saja Manfaat Magang Bagi Mahasiswa?

Apa Saja Manfaat Magang Bagi Mahasiswa?

Bogor (24/1/23) – Magang merupakan kegiatan yang wajib di ikuti oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Diadakan magang bertujuan agar mahasiswa bisa merasakan proses penerapan ilmu yang telah di peroleh selama kuliah dan bisa di lakukan dalam bekerja secara langsung. Lamanya magang ditentukan oleh tiap-tiap universitas, ada yang satu semester penuh untuk magang atau hanya 3 bulan saja.

Program magang sendiri telah diatur dalam Pasal 21 hingga 29 Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Menurut peraturan dalam undang-undang magang seorang karyawan magang akan melakukan sebuah perjanjian magang dengan pihak perusahaan. Lingkungan Kementiran Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), terdapat Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang menyebutkan magang yang telah dilakukan mahasiswa dapat diklaim menjadi angka kredit.

Berikut manfaat magang bagi mahasiswa:

 

1.    Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat magang dapat meningkatkan kepercayaan diri ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Dengan sudah pernah magang ketika melamar pekerjaan tidak lagi kaget bahkan gugup dan sudah percaya diri. Ketika masuk dunia pekerjaan kamu tinggal menerapkan apa saja yang telah di dapat selama magang dan ilmu yang di peroleh selama berkuliah.

 

2.    Dapat Bersosialisasi Tidak Hanya Lingkup Kampus Saja

Manfaat selanjutnya dari magang yaitu dapat bersosialisasi tidak hanya lingkup kampus saja tetapi di dalam dunia pekerjaan ketika magang. Bergaul dengan tema saat di kampus dengan rekan kerja di tempat magang sangatlah berbeda. Di dunia kerja, sedekat apapun kamu dengan rekan kerja di kantor ada batasan profesionalitas yang harus dijaga dan diterapkan.

 

3.    Meningkatkan Kualitas Diri

Kemampuan berkomunikasi dan kemampuan ketika bekerja akan meningkat karena akan berkoordinasi dengan kolega dan rekan kerja disana. Akan sangat berdampak positif ke semua aspek di kehidupan kamu. Jika kamu sesuai dengan prosedur yang telah diterapkan, kamu akan mendapat nilai lebih ketika telah menyelesaikan proses magang dan bisa jadi akan dipanggil kembali untuk menjadi karyawan perusahaan tersebut bukan lagi menjadi mahasiswa magang.

 

4.    Meningkatkan Relasi Di Lingkungan Profesional

Dengan semakin banyak relasi dalam lngkungan professional, kamu akan memperoleh lebih banyak kesempatan mengasah kemampuan kamu dalam suatu bidang, mendapatkan mentor yang ahli di bidangnya, dan mendapatka berbagai kesempatan besar untuk mengenal partner bisnis dan partner dalam bekerja.

 

5.    Program Magang Membuka Wawasan Dalam Dunia Kerja

Manfaat yang tidak kalah dari yang lain yaitu magang bisa membuka wawasan ketika kamu akan terjun ke dunia pekerjaan secara nyata nantinya. Pada saat kamu diberi tugas oleh mentor kamu dan terlibat dalam proyek perusahaan akan sangat membuka wawasan kamu dunia pekerjaan itu seperti begitu adanya. Sehingga tidak kaget ketika sudah masuk dunia pekerjaan nantinya dan sudah tahu apa yang harus dikerjakan.

 

Dengan banyaknya manfaat magang yang diberi tahu, Apakah membuka pikiran kamu dan tertarik untuk segera magang?