Free Support 24/7

(021) 82431931

Manfaat Berpikir Kritis Bagi Mahasiswa

Manfaat Berpikir Kritis Bagi Mahasiswa

Bogor (9/1/23) – Bisa menjadi mahasiswa adalah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan untuk memperoleh ilmu serta pengalaman yang lebih banyak dan luas. Mahasiswa juga dinobatkan sebagai pembawa perubahan. Saat memasuki dunia perkuliahan, kamu harus bisa mengembangkan soft skill. Salah satunya yang perlu kamu kembangkan yaitu berpikir kritis.

Dengan dinobatkannya sebagai pembawa perubahan ini, dapat membantu perubahan yang positif bagi masyarakat. Karena salah satu komponen Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melakukan pengabdian terhadap masyarakat. Beberapa ahli menyatakan bahwa berpikir kritis merupakan proses kegiatan otak atau mentality untuk memecahkan suatu masalah, mengambil sebuah keputusan, dan bertujuan menganalisis tanggapan. Berikut manfaat berpikir kritis bagi mahasiswa yang bisa kamu ketahui.

1.  Menyelesaikan masalah menjadi lebih mudah

Manfaat berpikir kritis yaitu dapat menyelesaikan masalah menjadi mudah. Jika kamu ada masalah dan berpikir secara kritis kamu akan menemukan benang merah dari permasalahan yang sedang kamu hadapi. Manfaat lain seperti menyelesaikan masalah juga dapat mencari solusi dari permasalahan tersebut.

2.  Lebih berpikir secara terbuka

Lebih berpikir secara terbuka merupakan maanfaat berpikir lainnya. Saat kamu memperoleh informasi baru dan mencari solusi dari masalah tersebut, kamu bisa tetap objektif dengan pengetahuan yang kamu miliki sebelumnya. Kamu akan lebih mudah jika mempunyai pengetahuan yang luas dan tetap berpikir objektif ketika menghadapi permasalahan yang harus di pecahkan. Ketika kamu memperoleh informasi baru kamu akan berpikir secara terbuka ketika kamu berbeda pandangan dengan orang lain.

3.  Berkomunikasi menjadi lebih baik

Berpikir kritis bisa meningkatkan berkomunikasi menjadi lebih baik. Ketika berpikir kritis dengan berkomunikasi dengan orang lain, kamu akan mendapatkan ide-ide yang akan terus berlintas di kepala. Dengan berpikir kritis akan memudahkan kamu ketika berkomunikasi bersama orang lain dan memperoleh ide dan menyampaikan ide tersebut secara lebih baik dan tertata dalam berkomunikasi.

4.  Tidak mudah di manfatkan orang lain

Melatih soft skill dengan berpikir kritis manfaat lainnya yaitu tidak mudah di manfaatkan oleh orang lain. Seperti banyak yang sering terjadi di kampus-kampus maraknya masuk ajaran-ajaran yang dapat membahyakan dirinya sendiri bahkan bisa membahayakan masyarakat contohnya yaitu seperti ajaran-ajaran yang menyimpang, penyelundupan barang-barang haram dan masih banyak lagi. Dengan kamu mengembangkan soft skill berpikir kritis semua itu tidak akan terjadi kepada kamu.

5.  Menyadari kemampuan diri

Dengan berpikir kritis kamu akan menyadari kemampuan diri kamu, ketika kamu sedang berkomunikasi dengan orang-orang yang bisa berbeda pendapat dengan kamu. Kamu akan menemukan informasi baru yang mungkin kamu belum ketahui. Adanya berpikir kritis akan membuat kamu lebih paham terhadap menyadari kemampuan diri dan bisa mencari cara bagaimana menyelesaikan dan memperbaiki masalah yang sedang dipecahkan tersebut.

 

Dengan adanya manfaat dari berpikir kritis tersebut akan membuat kamu sebagai mahasiswa menjadi orang yang bisa memecahkan masalah yang sedang dihadapi dengan berpikir positif dan kritis. Semoga bermanfaat atas informasi yang telah disajikan.