Free Support 24/7

(021) 82431931

Tips Lulus Kuliah dengan Menyandang Predikat Cumlaude

Tips Lulus Kuliah dengan Menyandang Predikat Cumlaude

Bogor (19/12/22) – Menjadi lulusan cumlaude merupakan suatu kebanggaan atas pencapaian selama masa kuliah. Untuk memperoleh predikat cumlaude dilihat dari IPK yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan mahasiswa dalam menempuh pendidikan. IPK sendiri merupakan Indeks Prestasi Kumulatif hasil gabungan dari semester 1 sampai semester akhir. Sehingga mahasiswa berlomba-lomba memperoleh IPK setinggi-tingginya untuk menjadi lulusan atau sering disebut cumlaude. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan melihat IPK tinggi sebagai salah satu syarat penerimaan pekerjaan. Memperoleh IPK tinggi bukan hal yang mudah namun bukan juga suatu hal yang tidak mungkin untuk diperoleh.

Berikut beberapa tips untuk menyandang predikat cumlaude.

1.  Buat Planning, Tempel di Dekat Tempat Belajarmu

Buatlah tulisan di sticky note tentang planning yang ingin diwujudkan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tulisan yang sudah di tulis, tempel di tempat yang sering kamu belajar. Sehingga ketika sedang belajar dan melihat planning yang telah di buat akan termotivasi untuk mewujudkan.

2.  Harus Dimaksimalkan Untuk Semua Mata Kuliah

Dari awal semester mengikuti perkuliahan usahakan nilai mata kuliah semuanya mendapat minimal nilai B. buatlah mindset semua mata kuliah menyenangkan, tidak tidak boleh menyepelekan dan mengabaikan masing-masing mata kuliah, karena akan sangat berpengaruh dalam IPK kamu.

3.  Mempelajari Karakter Dosen

Tips berikutnya yang bisa dilakukan yaitu mempelajari dan mengenal karakter dosen di semua mata kuliah. Dalam artian mempelajari karakter dosen ini apakah dosen dalam memberi nilai kepada mahasiswa mudah atau sulit. Dosen sangat berperan dalam menentukan nilai yang diberikan kepada mahasiswanya untuk terwujudnya keinginan kamu untuk menjadi lulusan cumlaude.

4.  Memperhitungkan Waktu Kelulusan

Ingat kunci untuk menjadi lulusan cumlaude harus memperhatikan waktu dan tahun kelulusan. Jangan terlalu santai dengan waktu karena waktu lebih cepat berlalu dan tidak bisa mundur. Usahakan untuk semua mata kuliah berhasil dan mendapatkan nilai yang diharapkan.

5.  Cara Belajar Inovatif

Cara memilih belajar yang inovatif sangat penting untuk membantu mendapatkan nilai terbaik. Seperti mencari referensi dari buku maupun internet. Diskusikan langsung dengan dosen, rekan belajar untuk memecahkan bersama tentang apa yang dibahas.

6.  Pastikan Absen Tidak Bolong-Bolong

Absensi menjadi salah satu faktor yang menentukan penilaian cumlaude. Jika dalam absensi bolong-bolong dosen akan mempertimbangkan dalam penilaian mata kuliah tersebut. Maka sebisa mungkin memperhatikan absensi jika ingin menjadi lulusan cumlaude.

7.  Kumpulkan Tugas Tepat Waktu

Dosen memberi tugas itu ada manfaatnya. Mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu akan mendapatkan nilai plus ketimbang mengumpulkan tugas ketika mepet dengan waktu pengumpulan. Maka kumpulkanlah tugas lebih awal jangan menunggu deadline baru mengumpulkan.