Free Support 24/7

(021) 82431931

Taukah Kamu Perbedaan Antara Diploma dengan Sarjana?

Taukah Kamu Perbedaan Antara Diploma dengan Sarjana?

Bogor (15/12/22) – Bisa melanjutkan kuliah merupakan salah satu impian bagi semua orang. Di dunia perkuliahan berbeda dengan ketika menjadi pelajar. Waktu sebagai pelajar terdapat dua pilihan yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejurusan (SMK). Begitu pula dengan kuliah terdapat dua pilihan yaitu ingin melanjutkan di diploma atau sarjana. Dan taukah kamu perbedaan Antara diploma dengan sarjana?

Disebutkan oleh Badan Pusat Statistika (BPS) terdapat 3.115 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia. Banyaknya perguruan tinggi ini dapat memberikan akses untuk anak muda Indonesia bisa  kuliah dan menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Diploma itu apa?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diploma merupakan surat keterangan resmi yang menyatakan telah tamat sekolah (lulus ujian dan sebagainya). Dalam garis besarnya diploma atau juga bisa disebut vokasi adalah ruang pendidikan tinggi yang berfokus untuk menunjang kebutuhan ahli khusus dan memang dipersiapkan untuk siap bekerja setelah lulus menempuh pendidikan.

Terdapat 4 jenis Diploma yaitu:

1.  1. Diploma 1 (D1)

Diploma 1 memiliki masa belajar 1 tahun dengan mengedepankan keterampilan dan siap untuk bekerja. Jika kamu ingin langsung bekerja diploma 1 merupakan pilihan yang tepat.

Terdapat 32 SKS selama 1 tahun pendidikan. Gelar yang akan didapat yaitu A.P. atau disebut Ahli Pratama.

2.  2. Diploma 2 (D2)

Diploma 2 memiliki masa belajar 2 tahun lebih lama dari Diploma 1. Diploma 2 ini diisi dengan praktik dan teori yang tentunya lebih banyak dibandingkan Diploma 2. Gelar yang akan didapat yaitu A.Ma atau disebut Ahli Muda.

3.  3. Diploma 3 (D3)

Diploma 3 yang dapat dibilang banyak peminat dari pada Diploma 1 dan Diploma 2. Dengan durasi pendidikan ditempuh selama 3 tahun yang memiliki 112 SKS. Tentunya lebih unggul dengan Diploma 1 dan Diploma 2. Lulusan Diploma 3 akan mendapatkan gelap A.Md atau Ahli Madya dan menjadi lulusan yang siap bersaing di dalam dunia kerja.

4.  4. Diploma 4 (D4)

Diploma 4 lebih panjang masa pembelajarannya dibandingan denga Diploma 3. Diploma 4 lebih mendalami ilmu praktik ketimbang dengan ilmu teori. Diploma 4 memiliki masa pendidikan selama 4 tahun dengan jumlah 144 SKS.

Sarjana itu apa?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata sarjana merupakan gelar strata yang dicapai oleh seseorang yang telah menamatkan pendidikan tingkat terakhir di perguruan tinggi. Dalam artian tingkatan sarjana diatas diploma, namun yang membedakan yaitu sarjana lebih banyak teori ketimbang dengan praktik. Dengan persentase 60% teori dan 40% praktik.

Terdapat 3 jenjang dalam sarjana, yaitu:

1.  1. Strata 1 (S1) memiliki jumlah 144 SKS dengan gelar Sarjana (S.)

2.  2. Strata 2 (S2) memililki jumlah 40-44 SKS dengan gelar Master (M.)

3.  3. Strata 3 (S3) memiliki jumlah 59 SKS dengan gelar Doktor (Dr.)