Free Support 24/7

(021) 82431931

Etika Sebagai Mahasiswa Yang Harus Dimiliki Ketika Di Kampus

Etika Sebagai Mahasiswa Yang Harus Dimiliki Ketika Di Kampus

Bogor (8/12/22) – Mahasiswa adalah intelektual-intelektual yang sangat berperan penting bagi bangsa dan negara kedepannya. Mahasiswa dituntut untuk menjadi kaum terpelajar. Banyak yang harus dikembangkan ketika masih menjadi pelajar dan berubah menjadi mahasiswa. Salah satu yang menjdai penunjang dalam bermahasiswa adalah beretika. Etika yang diterapkan di kampus jelas berbeda-beda, tidak sama dengan kampus satu dengan kampus lain. Etika yang bisa dilakukan mulai dari lingkungan kampus, seperti berinteraksi dengan dosen, teman, pegawai kampus, serta siapapun yang berada di lingkungan kampus.

Etika yang dimaksud adalah pandangan yang baik atau buruk pada suatu hal. Dengan dilihatnya dari sudut pandang tersebut, maka mahasiswa harus bisa memilah yang baik dan benar serta bertindak sesuai keadaan yang sedang dihadapinnya tersebut.

Beberapa etika yang harus di perhatikan sebagai mahasiswa secara umum:

1.    Berpakaian Sopan dan Rapi

Pada dasarnya seseorang bisa dilihat dari cara berpakaiannya. Maka dari itu mahasiswa bisa berpakaian yang sopan dan rapi sebagai symbol bahwa dirinya merupakan kaum terpelajar.

2.    Mematuhi Peraturan Yang Berlaku

Di lingkungan kampus pasti memiliki peraturan yang berlaku untuk di patuhi. Tidak hanya di patuhi namun juga harus bisa menerapkannya tidak hanya di kampus tetapi juga di luar kampus. Jika mahasiswa melanggar peraturan yang berlaku maka akan mencoreng namanya sendiri di kampus tersebut.

3.    Bertutur Kata Yang Baik

Sebagai mahasiswa bertutur kata yang baik merupakan cerminan dari orang yang intelektual. Apa yang dikatakan harus berdasarkan suatu pemikiran yang mendalam. Tentu saja dirinya harus melihat situasi untuk menyesuaikan dengan perkataan yang diucapkan.

Hubungan etika dengan mahasiswa sangat erat kaitannya, karena dengan etika mampu mengendalikan mahasiswa-mahasiswa dapat melakukan hal-hal yang mampu merugikan banyak pihak. Contohnya, etika mampu mengendalikan siswa berdemostrasi sehingga tidak melakukan anarkis.