Free Support 24/7

(021) 82431931

Mengenal Jurusan Perkuliahan yang Banyak di Cari Oleh Perusahaan di Era 4.0

Mengenal Jurusan Perkuliahan yang Banyak di Cari Oleh Perusahaan di Era 4.0


Bogor (2/12/22) - Jurusan perkuliahan yang banyak dilirik perusahaan di era 4.0. Walaupun lowongan pekerjaan tersedia banyak namun banyak juga yang mempertimbangkan asal dan jurusan pendidikan terakhir. Hal ini yang membuat sulit memperoleh pekerjaan. Persaingan antar pelamar kerja sangatlah ketat, dengan beberapa jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan. Karena banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan yang sesuai jobdesk sebagai syarat utamanya.

Jurusan yang Mudah Cari Pekerjaan

Jurusan kuliah yang mudah cari pekerjaan ternyata bisa dilihat dari beberapa indikator berikut ini:

  • ·  Jarang orang ahli yang berada di bidang / jurusan tersebut
  • ·  Gaji yang terbilang tinggi
  • ·  Dicari dan mudah masuk perusahaan milik negara (BUMN)
  • ·  Tidak dibutuhkan edukasi lanjuut saat kerja

Dari beberapa indikator diatas bisa dirincikan bahwa jurusan kuliah termasuk kategori mudah dalam mencari pekerjaan setelah menyelesaikan kuliah atau lulus kuliah. Tetapi tentu saja harus meningkatkan beberapa hal ini sebelum memulai agar tidak kaget dan tidak salah jurusan.

  • ·  Apakah ada posisi pekerjaan yang kamu incar atau minat nanti setelah lulus kuliah?
  • ·  Apakah kamu memiliki bakat atau passion untuk pekerjaan itu?
  • ·  Butuh waktu berapa lama kamu dalam belajar?
  • ·  Apa planning kamu setelah lulus nanti?
  • ·  Berapa banyak pengetauan yang bisa kamu terapkan nantinya ketika bekerja?

Berikut beberapa jurusan perkuliahan yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih jurusan agar mudah mencari pekerjaan.

1.    Software Engineer / IT

Jurusan software Engineer / IT adalah jurusan yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Karena di era digital kemajuan teknologi yang sangat pesat, maka membutuhkan seorang software engineer. Oleh sebab itu adanya lulusan IT sangat diincar oleh semua jenis bisnis perusahaan.

2.    Desain

Selanjutnya yaitu jurusan desain. Lulusan desain, seperti Desain Komunikasi VisuaL (DKV), Desain Interior, Desain Grafis sangat diminati. Kemampuan serta kreativitas dalam menggunakan teknologi dapat menarik minat khalayak umum. Selain itu, ada juga komunitas desain untuk mencari lebih banyak ilmu tersebut. Siapa pun yang tertarik dengan kreativitas jurusan ini sangat cocok.

3.    Teknik Elektro

Teknik elektro adalah ilmu yang besar pengaruhnya untuk perkembangan peradaban manusia. Tuntutan ilmu dari sektor ini jelas sangat dibutuhkan hingga saat ini. Ketika sekolah mungkin belajar tentang listrik, dan ketika kuliah belajar rentang telekomunikasi. Jika tidak ada lulusan di bidang ini, maka pekerbangan internet dan teknologi komunikasi mungkin tidak akan semaju seperti saat ini.

4.    Ilmu Komunikasi

Lulusan komunikasi memiliki kemampuan serta bekal dalam menulis serta berbicara di depan banyak orang. Kemampuan tersebut berbeda dengan orang yang tidak mendalami ilmu komunikasi. Peluang karir lulusan ilmu komunikasi seperti Public Relations (PR), Brand Ambassador, Marketing, Penulis, Juru Bicara, Jurnalis, Penyiar, Presenter dan masih banyak lagi.

5.    Teknik Komputer

Sarjana teknik komputer harus memiliki keahlian dalam bidang fisika, matematika, ilmu komputer baik itu software maupun hardware. Lulusan teknik komputer banyak sekali dicari karena perkembangan teknologi di saat ini.

6.    Akuntansi

Melaporkan serta mencatat keuangan perusahaan bukanlah hal yang mudah dan sederhana. Banyak peraturan dan standar yang harus dipenuhi agar laporan yang dibuat valid serta bisa dipertanggung jawabkan. Lulusan akuntansi yang dibekali dengan keahlian perpajakan akan banyak dicari oleh perusahaan.

7.    Statistika

Departemen statistika mempersiapkan siswanya berkarir di bidang statistika, keuangan dan bidang bisnis lainnya. Perusahaan bisnis akan membutuhkan orang-orang dengan keterampilan statistik. Diperlukan untuk penelitian, analisis dan evaluasi proyek. Oleh sebab itu jurusan statistika perguruan tinggi mudah dalam memperoleh pekerjaan.